Pengertian Marketing Information System Adalah 

Marketing information system adalah sistem untuk melakukan analisa dan mengukur informasi pemasaran dari berbagai sumber perusahaan. Memuat informasi tentang penjualan, aktivitas promosi dan pemasaran, kegiatan penelitian pasar dan yang lainnya. 

Marketing Information System Adalah

Kegunaan sistem ini untuk memberikan solusi terhadap masalah pemasaran yang pernah diulas www.bisnisman.id . Adanya sistem informasi pemasaran berfungsi memudahkan perusahaan dalam mengontrol perkembangan bisnis. Terdapat 3 sumber informasi untuk memenuhi kebutuhan marketing information system adalah sebagai berikut. 

Intelijen Pemasaran

Intelijen pemasaran merupakan kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh manajer perusahaan. Bertujuan untuk mendapatkan data tentang lingkungan pemasaran, proses pengamatan mengikuti prosedur yang tepat. Memudahkan manajer mengambil keputusan sesuai kondisi pasar.

Pengertian Marketing Information System Adalah 

Terdapat beberapa kegiatan dilakukan saat mengamati lingkungan pemasaran mencari informasi umum serta pemasaran tidak terarah. Jadi, pengamatan dilakukan bersyarat namun tidak ada penyelidikan formal melainkan informal agar informas diperoleh lebih spesifik. 

Analisis Pemasaran

Analisis pemasaran dalam marketing information system adalah kegiatan yang dilakukan secara prosedural dan sistematis tentang data situasi pemasaran. Mulai dengan kegiatan perancangan, pengumpulan data hingga analisis untuk dibuat laporan. 

Agar riset pemasaran berjalan lancar, dibutuhkan kerja sama dengan perusahaan jasa riset. Setelah mendapatkan hasil, akan dijual kepada perusahaan lain yang membutuhkan. Terkadang menyewa perusahaan untuk melakukan riset khusus  sesuai keinginan produsen. Data yang diperoleh sepenuhnya hak produsen. 

Catatan Internal Perusahaan

Catatan ini merupakan informasi dasar dimanfaatkan oleh manajer pemasaran untuk memudahkan menerapkan strategi pemasaran. Biasanya catatan internal berisi tentang data siklus jumlah pesanan, penjualan, pembayaran hingga perancangan sistem laporan.

Poin inti dari catatan internal perusahaan yaitu pembayaran dan data siklus jumlah pesanan. Mulai dari pelanggan yang memesan produk, kemudian info orderan dilanjutkan ke departemen pemesanan. Biasanya juga dilanjutkan ke divisi lain yang terlibat sampai produk tersebut bisa diluncurkan tepat waktu sesuai kebutuhan. 

itulah 3 sumber marketing information system adalah catatan internal, intelijen serta analisis pemasaran. Biasanya ada siklus yang sengaja dibangun terus menerus demi memudahkan manajer dalam mengawasi dan evaluasi sistem pemasaran.